Sabrank Suparno
http://sastra-indonesia.com/
Ada pertalian khusus tema Padhang Mbulan 11 Maret 2012 dengan Padhang
Mbulan 6 April 2012, yakni lontaran pemikiran Cak Nun mengenai tingkat
kedalaman pengetahuan Nabi Muhammad. Hingga pada pertemuan April kemarin
Cak Nun getol membahas ulang soal pertanyaan: Apakah Rasul mengetahui
jika di planet lain ada makhluk? Sejak kapan Rasul mengetahui segala hal
yang sudah dan akan terjadi dalam sejarah?
Berapa persen tingkat pengetahan Rasul dibanding tekhnologi mutakhir?
Pertanyaan kritis tersebut dilontarkan Cak Nun sebagai banding. Karena
selama ini pemahaman yang berkembang dan atau dikembangkan sebatas Rasul
berpredikat bodoh, polos, jahil, bergaya dan mengembangkan teori hidup
melarat.
Dari beberapa lontaran pertanyaan di atas, Cak Nun kemudian mengurai
secara aplikatif merujuk beberapa riwayat hadist. Misal, pada
pra-momentum isro’ mi’raj, Rasul terlebih dulu dibredel dadanya,
dibersihkan kotoran hatinya dan apa pun yang berkenaan dengan gumpalan
sifat buruk. Proses operasi pembersihan perangkat dalam-Rasul tersebut,
Alloh cukup ‘merubah struktur jaringan otak’dari posisi semula, posisi
struktur otak standar manusia. Sistim perubahan sruktur otak tersebut
meliputi terbukanya, tersambungnya susunan saraf-neurolog- hingga
berfungsinya lapisan denciti dan beberapa saraf pada otak manusia yang
belum dimaksimalkan. Itulah kemudian yang membedakan tingkat nilai cara
berfikir Rasul dengan dengan manusia lain.
Terhitung sejak perubahan struktur saraf otak, Rasululloh berpotensi
mengetahui wawasan-fisik metafisik-lebih kompleks dan signifikan dalam
berbagai rumus kehidupan. Kompleksifitas pengetahuan tersebut kemudian
membentuk perilaku-sunnah- Rasul sebagai percontohan bagi ummat. Dengan
kata lain, pijakan perilaku Rasul adalah referensi otak yang berwawasan
katam kehidupan global, wes eroh opoae, baik yang tersembunyi dalam
kandungan bumi dan yang tersebar di seluas hamparan langit. Dengan
sendirinya bagi orang yang katam mengetahui rumus kehidupan, wareg
mangan uyah,… halah paling karepe Kapitalis; ngene, karepe Sosialis;
ngunu, karepe Komunis; ngonoiko kerepe Agamis; ngeneiki…sangat mudah
merumuskan masalah yang jelimet, ruwet, berteletele-absurditas sekali
pun menjadi praktis dan ramping. Merekam konsep yang disuarakan Cak Nun
pada 6 April 2011 bahwa manusia yang sudah menyinggahi lapisan langit ke
tujuh akan mampu merangkum hal yang sulit menjadi gampang. Kewaregan
teori hidup Rasululloh dikarenakan memilih mreteli berbagai hijab diri
menuju intensitas tertinggi.
Tentu pemahaman Cak Nun mengenai langit sap tujuh bukan umumnya
idiomatik budaya yang selama ini berkembang. Yakni bahwa ada langit di
atas yang bersap-sap hingga tujuh kali, kemudian ada ruang arsy lengkap
dengan kursi duduk yang Alloh sedang leha-leha mengatur tombol-tombol
jagat raya. Langit dalam pemahaman praktis berupa sebentuk capaian
capaian proses pendewasaan seseorang dari belum berperilaku A menjadi
berperilaku A, dari berperilaku X meningkat ke berperilaku Z, dst.
Capaian tersebut bisa berupa faseologi kesadaran manusia dari predikat
setara hewan-hewan yang bersosial-hewan yang tidak cukup hanya bersosial
sebab mengalami kebuntuan dan memerlukan metafisik yang disebut Tuhan.
Begitu juga pemahaman mengenai surga dan neraka. Bahwa gambaran
mengenai situasi surga-dengan segala fasilitasnya yang nyaman-serta
neraka dengan segala fasilitasnya yang menyiksa-hanyalah gambaran
analogi yang mampu dipahami manusia di zamannya. Gambaran yang
menyangkut kadar simbol idiomatik perangkat budaya. Namun yang lebih
praktis memahami ahli surga adalah orang yang berperilaku menyamankan
diri dan menyamankan orang lain, tidak tekor. Sedang yang dimaksut
neraka adalah jika seseorang berkarakter mengenakkan diri namun
menyengsarakan orang lain. Sebab ada pribadi lain yang terpanggang bara
sebagai tumbal melengkapi keenakan pribadinya.
Bagi manusia yang tidak mengalami pengontruksian pemikiran, masih
mengandalkan alat-untuk menempuh capaian langit. Fungsi alat jelas untuk
menutupi kelemahan manusia. Astrolog termutakhir menemukan bahwa jumlah
planet tidak hanya 9 dengan planet termuda ditemukan yang bernama
Saturnus dan Pluto, melainkan berjuta-juta planet di ruang mahaluas tak
terbatas. Kemudian dikelompokkanlah satu gugusan planet yang disebut
superclaster yang dihuni 100 bintang, dan jumlah superclaster di ruang
tak terbatas ini hingga bermilyar-milyar. Nah, menghitung fungsi dan
guna jagatraya yang demikian luas dengan jumlah planet sedemikian
banyak, rasanya terlalu mubazir jika Alloh mencipta jagat seluas ini
hanya diperuntukkan manusia yang menghuni satu planet kecil yang bernama
Bumi. Kemungkinan sintesanya ada makhluk lain yang bukan berjenis jin,
hewan dan manusia yang menghuni planet lain yang jaraknya entah berapa
tahun cahaya km/dt dari Bumi. Artinya melebar ke pemahaman jika bumi
kecil ini dikiamatkan, ada kemungkinan Alloh membikin makhluk baru yang
kadar cintaNya setara dengan manusia. Sementara manusia masih sangat
kerdil berkutat mengurusi realisme sosial-hukum eksistensialis.
Keber-ada-an (being self: kondisi kontruks pemikiran lama:
eksistensialis) manusia tidak mampu mengudari jatidiri dari siapa yang
disebut diri sesungguhnya. Manusia jenis ini berwawasan mentok sebatas
jasad animasi hologram-prejengan-yang harus disembah dengan pencitraan.
Tanpa sadar konsep jasadi demikian sebanding mempertebal hijab jatidiri
bahwa diri bukanlah diri, tetapi ada dan berbentuk bayangan nilai
perilaku. Menyebut nama seseorang misalnya, yang paling esensi dalam
penilaian adalah klakoane, bukan prejengane.
Rasul tidak spesifik menyiratkan pengetahuannya tentang jagat raya
dalam bentuk hadist. Sebab Rasul bertatakrama tawadluk dengan bahasa
diam untuk hal-hal yang jauh dari jangkauan pengetahuan manusia. Dengan
kata lain, tidak semua yang diketahui harus diberitahukan. Atau juga
tidak ada sahabat yang radikal hingga menanyakan permasalahan tersebut.
Hingga tabu bagi Rasul menjelaskan hal yang menyangkut privilige
dirinya.
Yang perlu digarisbawahi dalam tema di atas adalah kejenialan Cak Nun
dalam menangkap bahasa diam Rasul. Bahwa kenapa Rasul selalu menangisi
ummat? Karena dalam wacana pengetahuan global mengenai kehidupan, ummat
manusia selalu salah menerapkan struktur pemikiran, dan pasti kapusan.
Setara yang diurai Jean Paul Sarte dalam istilah ‘sintesis intensional’
(The Psychology of Imagenation, New Jersey1972.hal;25), yakni menggali
obyek imajinasi, kemudian menggabungkan sejarah lampau dan akan datang
yang terburai untuk menghadirkan bayangan baru yang bermanfaat.
*) Sabrank Suparno, Peserta Temu Sastra Jawa Timur 2011. Bergiat di Lincak Sastra Jombang.
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Label
A Khoirul Anam
A. Khoirul Anam
A. Mustofa Bisri
A. Qorib Hidayatullah
A.C. Andre Tanama
A.D. Zubairi
A.S. Laksana
Abd. Basid
Abdul Aziz
Abdul Aziz Rasjid
Abdul Gaffar
Abdul Hadi W.M.
Abdul Rauf Singkil
Abdul Rosyid
Abdul Salam HS
Abdul Wachid B.S.
Abdullah Alawi
Abdurrahman Wahid
Abidah El Khalieqy
Abimardha Kurniawan
Abu Nawas
Acep Iwan Saidi
Acep Zamzam Noor
Ach. Tirmidzi Munahwan
Achmad Faesol
Adam Chiefni
Adhitya Ramadhan
Adi Mawardi
Adian Husaini
Aditya Ardi N
Ady Amar
Adzka Haniina Al Barri
AF. Tuasikal
Afrizal Malna
Afrizal Qosim
Agama Para Bajingan
Aguk Irawan Mn
Agus Buchori
Agus Fahri Husein
Agus Fathuddin Yusuf
Agus R. Sarjono
Agus Sulton
Agus Sunyoto
AH J Khuzaini
Ahmad Anshori
Ahmad Badrus Sholihin
Ahmad Baso
Ahmad Fatoni
Ahmad Hadidul Fahmi
Ahmad Kekal Hamdani
Ahmad Khotim Muzakka
Ahmad Maltup SA
Ahmad Muchlish Amrin
Ahmad Muhli Junaidi
Ahmad Syafii Maarif
Ahmad Syauqi Sumbawi
Ahmad Tohari
Ahmad Y. Samantho
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Ainur Rohim
Ajip Rosidi
Akhiriyati Sundari
Akhmad Fatoni
Akhmad Sahal
Akhmad Taufiq
Akhudiat
Alang Khoiruddin
Alang Khoirudin
Ali Audah
Ali Mahmudi CH
Ali Rif’an
Aliansyah
Allamah Syaikh Dalhar
Alvi Puspita
AM Adhy Trisnanto
Ami Herman
Amien Wangsitalaja
Amin Hasan
Aminullah HA Noor
Amir Hamzah
Ammar Machmud
Andri Awan
Anindita S Thayf
Aning Ayu Kusuma
Anjar Nugroho
Anjrah Lelono Broto
Antari Setyowati
Anwar Nuris
Arafat Nur
Ariany Isnamurti
Arie MP Tamba
Arie Yani
Arif Hidayat
Arif Saifudin Yudistira
Arifin Hakim
Arman AZ
Arwan
Asarpin
Asef Umar Fakhruddin
Asep Juanda
Asep S. Bahri
Asep Sambodja
Asep Yayat
Asif Trisnani
Aswab Mahasin
Atiqurrahman
Awalludin GD Mualif
Azizah Hefni
Azwar Nazir
B Kunto Wibisono
Babe Derwan
Badrut Tamam Gaffas
Bale Aksara
Bandung Mawardi
Bastian Zulyeno
Bayu Agustari Adha
Beni Setia
Benny Benke
Berita
Berita Duka
Berthold Damshauser
Binhad Nurrohmat
Brunel University London
Budaya
Budi Darma
Budi Hutasuhut
Budiawan Dwi Santoso
Buku Kritik Sastra
Candra Adikara Irawan
Capres dan Cawapres 2019
Catatan
Cawapres Jokowi
Cerpen
Chairil Anwar
Chairul Abhsar
Chairul Akhmad
Chamim Kohari
CNN Indonesia
Cucuk Espe
Cut Nanda A.
D Zawawi Imron
D. Dudu AR
Dahta Gautama
Damanhuri Zuhri
Damhuri Muhammad
Dami N. Toda
Damiri Mahmud
Danarto
Danuji Ahmad
Dati Wahyuni
Dea Anugrah
Dea Ayu Ragilia
Dede Kurniawan
Dedik Priyanto
Den Rasyidi
Deni Jazuli
Denny JA
Denny Mizhar
Detti Febrina
Dewi Kartika
Dian Sukarno
Dian Wahyu Kusuma
Didi Purwadi
Dien Makmur
Din Saja
Djasepudin
Djauharul Bar
Djoko Pitono
Djoko Saryono
DM Ningsih
Doddy Hidayatullah
Donny Syofyan
Dr Afif Muhammad MA
Dr. Simuh
Dr. Yunasril Ali
Dudi Rustandi
Dwi Fitria
Dwi Pranoto
Dwi Rejeki
Dyah Ratna Meta Novia
E Tryar Dianto
Ecep Heryadi
Edeng Syamsul Ma’arif
Edy A Effendi
Edy Susanto
EH Ismail
Eka Budianta
Ekky Malaky
Eko Israhayu
Ellie R. Noer
Emha Ainun Nadjib
Esai
Esha Tegar Putra
Evi Melyati
Fachry Ali
Fahmi Faqih
Fahrudin Nasrulloh
Faisal Kamandobat
Faizal Af
Fajar Kurnianto
Fanani Rahman
Fatah Yasin Noor
Fathurrahman Karyadi
Fazabinal Alim
Festival Literasi Nusantara
Festival Sastra Gresik
Festival Teater Religi
Forum Santri Nasional
Fuad Mardhatillah UY Tiba
Furqon Lapoa
Fuska Sani Evani
Geger Riyanto
Ghufron
Gola Gong
Grathia Pitaloka
Gugun El-Guyanie
Gus Ahmad Syauqi Ma'ruf Amin
Gus Dur
Gus Muwaffiq
Gusriyono
Gusti Grehenson
H Marjohan
H. Usep Romli H.M.
Habibullah
Hadi Napster
Halimi Zuhdy
Hamdy Salad
Hamid Jabbar
Hamka
Hammam Fathulloh
Hamzah Fansuri
Hamzah Sahal
Hamzah Tualeka Zn
Hanibal W.Y. Wijayanta
Hanum Fitriah
Haris del Hakim
Harri Ash Shiddiqie
Hartono Harimurti
Hary B. Kori’un
Hasan Basri Marwah
Hasnan Bachtiar
Hasyim Asy’ari
Helmy Prasetya
Hendra Makmur
Hepi Andi Bastoni
Heri Listianto
Heri Ruslan
Herry Lamongan
Herry Nurdi
Heru Kurniawan
Hilmi Abedillah
Hotnida Novita Sary
Hudan Hidayat
Husein Muhammad
I Nyoman Suaka
Ibn ‘Arabi (1165-1240)
Ibn Rusyd
Ibnu Sina
Ibnu Wahyudi
Idayati
Ignas Kleden
Ilham Khoiri
Ilham Yusardi
Imadi Daimah Ermasuri
Imam Hamidi Antassalam
Imam Khomeini
Imam Nawawi
Imam Nur Suharno
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Imron Nasri
Imron Tohari
Indonesia O’Galelano
Indra Kurniawan
Indra Tjahyadi
Inung As
Irma Safitri
Isbedy Stiawan Z.S.
Istiyah
Iwan Kurniawan
Iwan Nurdaya Djafar
J Sumardianta
Jadid Al Farisy
Jalaluddin
Jalaluddin Rakhmat
Jamal Ma’mur Asmani
Jamaluddin Mohammad
Javed Paul Syatha
Jaya Suprana
Jember Gemar Membaca
Jo Batara Surya
Johan Wahyudi
John Halmahera
Joko Pinurbo
Joko Widodo
Joni Ariadinata
Jual Buku Paket Hemat
Junaidi
Jurnalisme Sastrawi
Jusuf AN
K. Muhamad Hakiki
K.H. A. Azis Masyhuri
K.H. Anwar Manshur
K.H. M. Najib Muhammad
K.H. Ma'ruf Amin
Kabar Pesantren
Kafiyatun Hasya
Kanjeng Tok
Kasnadi
Kazzaini Ks
KH Abdul Ghofur
KH. Irfan Hielmy
Khansa Arifah Adila
Khoirul Anwar
Khoirur Rizal Umami
Khoshshol Fairuz
Kiai Muzajjad
Kiki Mikail
Kitab Dalailul Khoirot
Kodirun
Komunitas Deo Gratias
Koskow
Kritik Sastra
Kurniawan
Kurtubi
Kuswaidi Syafi’ie
Kyai Maimun Zubair
Lan Fang
Larung Sastra
Leila S. Chudori
Linda S Priyatna
Linda Sarmili
Liza Wahyuninto
Lukisan Potret K.H. Hasyim Asy'ari karya Rengga AP
Lukman Asya
Lukman Santoso Az
M Arif Rohman Hakim
M Hari Atmoko
M Ismail
M Thobroni
M. Adnan Amal
M. Al Mustafad
M. Arwan Hamidi
M. Bashori Muchsin
M. Faizi
M. Hadi Bashori
M. Harir Muzakki
M. Kanzul Fikri
M. Mustafied
M. Nurdin
M. Yoesoef
M. Yunis
M.D. Atmaja
M.H. Abid
M.Harir Muzakki
M.S. Nugroho
M.Si
M’Shoe
Mahamuda
Mahdi Idris
Mahendra Cipta
Mahmud Jauhari Ali
Mahrus eL-Mawa
Mahwi Air Tawar
Malkan Junaidi
Maman S. Mahayana
Mansur Muhammad
Marhalim Zaini
Maria Hartiningsih
Marjohan
Marsudi Fitro Wibowo
Martin van Bruinessen
Marzuki Wahid
Marzuzak SY
Masduri
Mashuri
Masjid Kordoba
Masuki M. Astro
Matroni
Matroni el-Moezany
Matroni Muserang
Mbah Dalhar
Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia
MG. Sungatno
Mh Zaelani Tammaka
Miftahul Ulum
Mila Novita
Mochtar Lubis
Moh. Ghufron Cholid
Mohamad Salim Aljufri
Mohammad Kh. Azad
Mohammad Yamin
Muh. Khamdan
Muhajir Arrosyid
Muhammad Abdullah
Muhammad Affan Adzim
Muhammad Al-Fayyadl
Muhammad Ali Fakih AR
Muhammad Amin
Muhammad Anta Kusuma
Muhammad Ghannoe
Muhammad Idrus Djoge
Muhammad Itsbatun Najih
Muhammad Kosim
Muhammad Muhibbuddin
Muhammad Mukhlisin
Muhammad Quraish Shihab
Muhammad Subhan
Muhammad Wava Al-Hasani
Muhammad Yasir
Muhammad Yuanda Zara
Muhammad Zuriat Fadil
Muhammadun AS
Muhyiddin
Mujtahid
Muktamar Sastra
Mulyadi SA
Munawar A. Djalil
Munawir Aziz
Musa Ismail
Musa Zainuddin
Muslim
Mustafa Ismail
Mustami’ tanpa Nama
Mustofa W Hasyim
Musyafak
Myrna Ratna
N. Mursidi
Nasaruddin Umar
Nashih Nashrullah
Naskah Teater
Nasruli Chusna
Nasrullah Thaleb
Nelson Alwi
Nevatuhella
Ngarto Februana
Nidia Zuraya
Ninuk Mardiana Pambudy
Nita Zakiyah
Nizar Qabbani
Nova Burhanuddin
Noval Jubbek
Nu’man ’Zeus’ Anggara
Nur Fauzan Ahmad
Nur Wahid
Nurcholish
Nurel Javissyarqi
Nuruddin Al Indunissy
Nurul Anam
Orasi Budaya
Pangeran Diponegoro
Parimono V / 40 Plandi Jombang
PC. Lesbumi NU Babat
PDS H.B. Jassin
Pesantren Tebuireng
Pidato
Politik
Pondok Pesantren Al-Madienah
Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang
PonPes Ali bin Abi Thalib Kota Tidore Kepulauan
Pramoedya Ananta Toer
Prof. Dr. Nur Syam
Profil Ma'ruf Amin
Prosa
Puisi
Puji Hartanto
Puji Santosa
Pungkit Wijaya
Purwanto
Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin
PUstaka puJAngga
Putera Maunaba
Putu Fajar Arcana
R. Ng. Ronggowarsito
Radhar Panca Dahana
Raedu Basha
Rahmat Sudirman
Rahmat Sularso Nh
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Rakhmat Nur Hakim
Ramadhan Alyafi
Rameli Agam
Rasanrasan Boengaketji
Ratnaislamiati
Raudal Tanjung Banua
Reni Susanti
Resensi
Restoe Prawironegoro Ibrahim
Retno HY
Riadi Ngasiran
Ribut Wijoto
Ridwan Munawwar
Rinto Andriono
Risa Umami
Riyadhus Shalihin
Riza Multazam Luthfy
Robin Al Kautsar
Rodli TL
Rohman Abdullah
S Yoga
S. Jai
S.W. Teofani
Sabrank Suparno
Sahaya Santayana
Saifuddin Syadiri
Saifudin
Saiful Amin Ghofur
Sainul Hermawan
Sajak
Salahuddin Wahid
Salamet Wahedi
Salman Faris
Salman Rusydie Anwar
Samsudin Adlawi
Sandiaga Uno
Sanggar Pasir
Sapardi Djoko Damono
Sartika Dian Nuraini
Sastra Pesantren
Sastrawan Pujangga Baru
Satmoko Budi Santoso
Satriwan
Sejarah
Sekolah Literasi Gratis (SLG)
SelaSastra Boenga Ketjil
Sihar Ramses Simatupang
Sinopsis
Siswanto
Siswoyo
Sita Planasari A
Siti Muyassarotul Hafidzoh
Siti Sa’adah
Siwi Dwi Saputro
Slavoj Zizek
Snouck Hugronje
Sobih Adnan
Sofyan RH. Zaid
Soni Farid Maulana
St Sularto
Suci Ayu Latifah
Sufyan al Jawi
Sugiarta Sriwibawa
Sulaiman Djaya
Sundari
Sungatno
Sunu Wasono
Surya Lesmana
Suryadi
Suryanto Sastroatmodjo
Susianna
Susringah
Sutan Iwan Soekri Munaf
Sutan Takdir Alisjahbana
Sutardi
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Suyanto
Syaiful Amin
Syaifullah Amin
Syarif Hidayat Santoso
Syeikh Abdul Maalik
Syeikh Muhammad Nawawi
Syekh Abdurrahman Shiddiq
Syekh Sulaiman al Jazuli
Syi'ir
Taufiq Ismail
Taufiq Wr. Hidayat
Teguh Winarsho AS
Temu Penyair Timur Jawa
Tengsoe Tjahjono
Theresia Purbandini
Tiar Anwar Bachtiar
Tjahjono Widijanto
Tok Pulau Manis
Toko Buku PUstaka puJAngga
Tu-ngang Iskandar
Turita Indah Setyani
Umar Fauzi Ballah
Uniawati
Universitas Indonesia
Universitas Jember
Usep Romli H.M.
Usman Arrumy
UU Hamidy
Viddy AD Daery
Virdika Rizky Utama
W.S. Rendra
Wa Ode Zainab Zilullah Toresano
Wahyu Aji
Walid Syaikhun
Wan Mohd. Shaghir Abdullah
Warung Boengaketjil
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Welly Adi Tirta
Wiwik Hastuti
Wiwik Hidayati
Wong Fei Hung
Y Alpriyanti
Yanti Mulatsih
Yanuar Widodo
Yanuar Yachya
Yayuk Widiati
Yeni Ratnaningsih
Yohanes Sehandi
Yopi Setia Umbara
Yosi M Giri
Yudhi Fachrudin
Yudi Latif
Yusi Avianto Pareanom
Yusri Fajar
Yusuf Suharto
Zaenal Abidin Riam
Zainal Arifin Thoha
Zainuddin Sugendal
Zakki Amali
Zehan Zareez
LANGET SAP 6 LANGET SAP 4 LANGET SAP 7.
BalasHapus